TOKOH

Jimi Hendrix, Sang Gitaris Fenomenal Dunia

Siapa yang tak kenal dengan Jimi Hendrix, bagi sobat pencinta musik rock tentu mengenal sosok Jimi Hendrix. Kesohoran namanya sebagai gitaris fenomenal telah membingkaikan dirinya dalam jajaran gitaris paling legend.

Sosok yang memiliki nama asli Johnny Allen Hendrix ini memiliki permainan gitar yang khas. Lahir 27 november 1942 di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Kemudian berubah nama menjadi James Marshal Hendrix yang lebih dikenal sebagai Jimi Hendrix.

Dirinya pun dikenal sebagai seorang musisi, penyanyi,gitaris, bahkan pencipta lagu yang mampu melambungkan namanya selama 4 tahun. Meski hanya sebentar tetapi Jimi Hendrix telah menjadi salah satu legendaris yang berpengaruh dalam sejarah musik dunia.

Ketika kecil ia menjalani kehidupan yang cukup keras bersama denngan ibunya yang baru berusia 17 tahun ketika melahirkannya. James Allen Ros Hendrix juga tidak ada mendampingi Lucille ketika Jimi lahir karena harus menjalani wajib militer.

Waktu kecil Jimi Hendrix banyak dihabiskan dan dirawat oleh kerabat ibunya. Sedangkan sang ibu, Lucille telah meninggalkan Jimi ketika dirinya menginjak usia 15 tahun. Ia juga memiliki empat adik, Joseph, Kathy, Pamela, dan Leon yang meninggal saat masih anak-anak.

Karena kerasnya kehidupan saudara-saudara Jimi pun semua diadopsi dan dibesarkan oleh orangtua angkat, sehingga mereka tidak pernah tinggal bersama dengan Jimi maupun orangtuanya. Ketika dirinya menginjak masa remaja, ia pun mulai tertarik dengan dunia musik.

Saat itu, Jimi memungut sebuah ukulele usang yang hanya memiliki satu senar dari kediaman seorang wanita tua. Kesulitan hidup yang dialaminya menjadikan music sebagai bagian hiburan dan kebahagian Jimi.

Jimi sangat tertarik dengan musik rock dan mulai belajar memainkan gitar. Pada pertengahan 1958, saat dirinya menginjak usia 15 tahun, ia mendapat gitar akustik pertamanya pemberian dari sang ayah. Namun satu tahun kemudian ia dibelikan gitar elektrik, karena bermain music rock sangat sulit dengan menggunakan gitar akustik.

Supro Ozark merupakan gitar elektrik pertama Jimi. Sayangnya Jimi ternyata seorang kidal sehingga dirinya harus berlatih ekstra untuk bisa memainkan secara terbalik. Setelah mulai menguasai gitar dirinya mulai bermain bareng band. Ia pun bergabung dengan band bernama Rocking Kings.

Bersama band inilah ia bermain pertama kalinya sebagai professional dan tampil pada sebuah kelab. Nasib kurang beruntung pun ia alami, dimana suatu malam setelah pertunjukan gitar miliknya dicuri. Hingga sang ayah membelikan gitar baru Silverstone Danelectro berwarna merah.

Pada akhir mei 1961 Jimi harus menjalani wajib militer dan menjalani latihan dengan pasukan parasut selama 2 bulan di Fort Campbell, Kentucky. Perjalanan hidupnya pun harus dijalani pada satuan parasut di divisi udara ke-101 namun hanya bertahan delapan bulan.

Atasannya memutuskan Jimi untuk dipulangkan karena dianggap tidak cocok sebagai militer. Sehingga pada Juni 1962 ia dpulangkan,dan kembali menjalani kehidupan bermusiknya. Ketika itu dirinya sering berganti-ganti band selama merintis karir musiknya.

Ternyata selama di militer ia bertemu dengan Billy Cox yang kemudian menjadi rekan bermusiknya pada 1963. Mereka bertemu kembali dan memutuskan pindah ke Tennese untuk membentuk band bernama King Kasuals.

Selain tampil bersama bandnya, ia juga sering dipanggil untuk menjadi pemain pengganti sejumlah band lainnya yang tampil di kelab. Dari sinilah ia mendapatkan bermain music dengan berbagai aliran, mulai rock, R&B hingga blues.

Ia pun sering berpindah-pindah untuk mengejar karir bermusiknya, hingga tahun 1964, atas rekomendasi seorang kenalannya Jimi diajak bergabung dengan grup pendukung dari kelompok music Isley Brother.

Melalui Isley Brother inilah Jimi mendapat kesempatan rekaman dan menjalani tur. Tetapi karena bosan bermain dengan kelompok yang sama, maka pada Oktober  ia memutuskan untuk keluar dari band tersebut.

Kemudian Ia bergabung dengan sejumlah band, dari Curtis Knight and the Squires yang beraliran R&B, hingga Jimmy James and the Blue Flames. Perjalanan pun sampai pada tahun 1966 dimana ia membentuk band Jimi Hendrix Experience yang lebih menonjolkan dirinya.

Jimi Hendrix pun pindah bersama anggota bandnya ke London. Noel Redding pada bass, Mitch Mitchell sebagai drummers dan Chas Chandler seorang mantan pemain bas grup band rock Inggris sebagai manajernya.

Bandnya ini kemudian tampil pertama kali pada sebuah band pembuka dalam tur penyanyi rock Johnny Hallyday di Paris pada Oktober 1966, yang mendapat sambutan positif, yang dilanjutkan dengan tanda tangan kontrak bersama label Track Records dan menjalani rekaman untuk lagu Hey Joe dan lagu ciptaan Jimi Hendrix Stone Free.

Sinarnya pun semakin terang, ia pun merilis album pertamanya yang berjudul Are You Experience pada 1987 dan dilanjutkan dengan album kedua Axi: Bold as Love. Meski telah membawa Jimi Hendrix ke dalam kepopuleran, Experience tidak bertahan lama.

Pada Juni 1969, band tersebut tampil untuk yang terakhir kalinya dengan format anggota asli, sebelum Jimi Hendrix digantikan oleh Billy Cox. Walau demikian, Jimi tetap membawa kepopulerannya bersama dirinya hingga disebut sebagai musisi rock paling mahal di tahun 1969.

Jimi membuat penampilan paling berkesan dalam acara festival musik Woodstock Music and Art Fair pada bulan Agustus. Pada akhir tahun 1969, Jimi Hendrix kembali membentuk band bersama sahabatnya selama di militer, Billy Cox dan Buddy Miles sebagai drumer. Namun band yang diberi nama Band of Gypsys ini belum sempat benar-benar tampil.

Jimi Hendrix meninggal pada 18 September 1970, kepergiannya mengejutkan banyak orang dan mengundang banyak pertanyaan diakhir kehidupan sang gitaris. Ia ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri di kediaman sang pacar, Monika Danneman di London.

Danneman mengaku mereka bersama sejak sehari sebelumnya. Mereka minum dan ngobrol hingga pagi sebelum pergi tidur. Namun pada tengah hari saat Danneman bangun, ia menemukan Jimi sudah tidak sadarkan diri.

Ambulans pun datang dan membawa Jimi ke rumah sakit, tetapi sayangnya nyawa Jimi tidak tertolong dan dokter mengumumkan bahwa sang gitaris tersebut telah meninggal. Hasil pemeriksaan menemukan Jimi meninggal karena tersedak dan sulit bernafas setelah mengonsumsi obat tidur dosis tinggi.

Jenazah Jimi kemudian dibawa ke Seattle, Washington, untuk dimakamkan di Pemakaman Greenwood berdekatan dengan makam ibunya. Upacara pemakaman Jimi Hendrix turut dihadiri keluarga, kerabat dan rekan-rekan musisi, termasuk anggota dari grup band Experience.

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda