MilenialSaya Tahu

Pantau Mudik Lewat CCTV, Gunakan Aplikasi Ini Aja

Mudik merupakan kegiatan rutin setiap tahun menyambut Idul Fitri. Bagi mereka yang mudik tentu mengalami betapa tersiksanya jalur mudik yang penuh dan macet. Nah buat sobat yang ingin memantau jalur mudik lewat CCTV sekarang bisa lho melalui aplikasi.

Kecanggihan teknologi informatika sekarang ini membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah.  Saat ini Telkomsel bekerjasama dengan Korlantas Polri menciptakan aplikasi yang bernama Maxstream yang mampu menghadirkan live streaming CCTV yang ada di jalan raya.

Pada aplikasi ini sobat bisa memantau titik kemacetan jalur mudik melalui 50 CCTV Korlantas yang tersebar di jalan raya. Puluhan perangkat perekam video ini terletak di berbagai titik keramaian termasuk di pelabuhan Merak, Bakauheni, hingga Ketapang.

Nah bagi sobat yang tengah melakukan perjalanan mudik selain dapat mengakses langsung situasi jalur mudik, kamu juga bisa lho melihat video-video edukasi dan informasi terkini tentang arus mudik. Selain itu juga terhubung langsung ke call center NTMC Polri selama 24 jam nonstop.

Sementara itu, Telkomsel mengaku jika saluran Mudik Hepi 2019  pada aplikasi Maxstream ini dapat di akses sejak tanggal 27 Mei hingga 26 Juni tanpa di kenai biaya apapun.

Selain aplikasi yang diluncurkan oleh Telkomsel sobat juga bisa lho memanfaatkan aplikasi yang ada di Android untuk memantau arus dan jalur mudik. Aplikasi penunjang ini tentunya akan membantu sobat untuk menghindari titik kemacetan hingga petunjuk arah ketika melewati jalur alternative, diantaranya:

  1. Google Maps

Aplikasi ini tentu tidak asing lagi bagi pengendara di Indonesia, selain membantu navigasi saat berkendara, aplikasi ini juga bisa menampilkan kondisi kemacetan jalan dengan tiga indikator warna, merah untuk macet parah, kuning untuk jalan merambat, dan hijau untuk jalanan lancar.

Bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan informasi penunjang seperti lokasi SPBU, rumah makan, tempat ibadah, dan rest area sehingga perjalanan mudiknya menjadi lebih nyaman.

  1. Waze

Waze juga merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pengendara di Indonesia, aplikasi ini hampir mirip dengan Google Map yang menampilkan titik kemacetan di jalur mudik, dan memberikan jalur alternatif tercepat.

Perbedaan dari aplikasi Waze ini terletak adanya interaksi langsung atau laporan dari pengguna Waze lainnya secara real time.

pantau lalu lintas pada jalur mudik 2019 |okezone
  1. HERE WeGo

Nah kalo aplikasi ini menampilkan fitur dan layanan yang hampir sama dengan kedua aplikasi diatas. Tetapi perbedaannya aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet. Jika sobat berada di daerah yang belum tejangkau koneksi 4G maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini lho.

  1. LM – Info Traffic Lalu Lintas

Aplikasi ini merupakan aplikasi lokal yang telah dikenal masyarakat, Lewat Mana merupakan aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk memantau jalur mudik. Informasi pun ditawarkan secara lengkap sekaligus bisa memantau lalu lintas melalui CCTV yang tersebar di kota Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bali.

  1. Travoy

Aplikasi dari Jasa Marga  ini juga bisa sobat manfaatkan untuk membantu perjalanan mudik. Dengan menginput tanggal keberangkatan maka data ini akan digabungkan dengan pengguna lainnya, sehingga pemudik bisa melihat seberapa banyak perjalanan orang yang akan mudik ditanggal tersebut.

Tak hanya itu, aplikasi juga memberikan informasi terkait dengan tarif tol, rest area, memesan makanan di rest area yang berjarak 20 km, hingga fitur Yuk Mampir yang menampilkan destinasi wisata dan kuliner di luar jalan tol. Untuk mengunduhnya kalian bisa klik di sini.

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda