MilenialSaya Tahu

Berapa Sih Tekanan Ban Mobil Ideal Saat Mudik?

Jika sobat beberapa hari lagi berencana untuk melakukan perjalanan mudik. Tentunya persiapan fisik dan keamanan mobil harus diperhatikan. Periksalah segala fitur mobil sebelum melakukan perjalanan jauh, salah satu yang paling penting adalah tekanan ban mobil.

Ban merupakan bagian mobil yang menjadi komponen paling utama agar mobil dapat bergerak. Karena itu kondisi ban mobil tentu wajib diperhatikan seberapa besar tingkat keausannya, dan seberapa banyak tekanan ban mobil yang ideal untuk perjalanan jauh.

Menurut Eko Budianto selaku Koordinator Service Diler Mitsubishi Borobudur Oto Mobil menjelaskan, selain mengecek rem dan kelistrikan, tekanan ban juga harus menjadi perhatian, karena mudik merupakan perjalanan jarak jauh dan biasanya membawa muatan banyak dan barang.

Lantas  seberapa ideal tekanan mobil ketika membawa penumpang dan barang yang banyak?Tekanan ban mobil dengan berat yang berlebih maka direkomendasikan tekanan pada angka 30 hingga 35 psi.

Jika tekanan angin ban tidak ideal atau dibawah 30 psi maka akan berdampak pada gaya gesekan mobil dan aspal semakin dalam sehingga ban akan menjadi cepat rusak. Selain itu tarikan mobil juga tidak nyaman karena terasa berat. Sedangkan jika terlalu besar maka kerusakan ban atau aus secara tidak merata.

Tak hanya terkait tekanan ban, yang menjadi perhatian selanjutnya adalah mengisi ban dengan jenis angin nitrogen sangat direkomendasikan. Karena angin nitrogen bersifat mendinginkan dan lebih stabil, sehingga kualitas ban tetap terjaga.

Dilansir dari Suzuki.co.id maka mereka juga menyarankan agar diperlukannya rotasi ban. Trik ini tentu dilakukan agar distribusi beban jadi lebih rata sehingga kinerja ban akan menjadi lebih maksimal.

Perawatan ban selanjutnya adalah dengan menggunakan semir ban. Jika semir ban dianggap sebagai gaya-gayaan, padahal nggak lho, semir ban berfungsi untuk menjaga ban tetap lentur dan tidak kering, sehingga karet ban tidak cepat getas.

Nah, jika sobat sudah perhatikan faktor utama sebuah mobil tentunya menjaga kebugaran tubuh dibutuhkan agar sobat bisa konsentrasi dijalan…selamat mudik!

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda