HUMANIORATravel

6 Fitur Pesawat Yang Tak Diketahui Penumpang

Pesawat merupakan angkutan masal yang memiliki fasilitas keamanan dan kenyamanan bagi penumpangnnya. Tetapi banyak orang yang tidak mengetahui terdapat fitur rahasia pesawat yang tidak diketahui penumpang.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah 6 fitur rahasia yang ada dipesawat yang perlu sobat ketahui:

  1. Pegangan tersembunyi

Pastinya kamu bakal kesal ding kalo ada penumpang lain menggunakan kursi sobat sebagai pegangan  ketika berjalan ke toilet, dan biasanya hal itu juga yang akan sobat lakukan ketika akan menuju toilet. Menurut Conde Nast Traveler, ketika pramugari berjalan dalam pesawat dan menyentuh sisi pesawat bagian atas, mereka bukan sedang iseng lho.

Ternyata bagian bawah kompartemen seperti tempat menyimpangn barang yang ada di atas kepala tersebut memiliki area bergigi yang member pegangan lebih baik saat kita berjalan menyusuri pesawat yang tengah bergerak.

  1. Tombol rahasia untuk ruang ekstra

Bila sobat dapat kursi dibagian lorong, kamu bukan saja tidak bisa keluar masuk tanpa perlu membangunkan orang lain. Tetapi juga bisa menambah ruang duduk dengan mengangkat sandaran lengan. Tombol tersebut membuat sandaran tangan terangkat secara otomatis dan member ruang yang lebih untuk tubuh.

  1. Pengait pada sayap

Nah kalo sobat mengintip bagian sayap pesawat airbush dari jendela, pasti kamu akan melihat lubang pengait berwarna kuning. Fungsi benda tersebut adalah ketika terjadi pendaratan darurat diatas air. Penumpan bis keluar lewat pintu darurat di sebelah sayap.

Tetapi sayap biasanya menjadi licin ketika terkena air, sehingga diperlukan tali untuk berpegangan sehingga para penumpang bisa meluncur dari seluncaran yang dikembangkan. Pengait itu berguna untuk mengikatkan tali yang dikencangkan kebagian sayap depan dan penumpang bisa berpegangan tanpa takut tergelincir.

  1. Area tidur rahasia

Bagi sobat yang pernah melakukan perjalanan udara jarak jauh tentunya sering mengalami kelelahan. Tapi bayangkan menjadi pilot atau pramugari yang harus melewati penerbangan dalam 14 jam kerja. Mereka pastinya lebih lelah dong.

Dilansir dari Insider, beberapa pesawat Boeing 777 dan 787 memiliki ruang rahasia yang bisa dipakai tidur para awak pesawat. Pintu khusus tersebut berada di bagian depan pesawat atau pintu yang terletak di atas kabin.

Tempat itulah yang menyimpan seperangkat alat tidur untuk para awak penerbangan. Tempat tidur tersebut ditutupi oleh tirai tebal yang menjaga privasi dan kenyamanan para kru penerbangan saat tidur.

  1. Borgol tersembunyi

Untuk keamanan, pesawat juga memiliki fitur untuk menjaga penumpangnya. Jika terdapat penumpang yang nakal maka pramugari bisa menahan mereka. Terdapat borgol yang dapat mengikat seseorang yang terbuat dari plastik.

  1. Segitiga hitam di atas jendela

Nah kalo kamu melihat kabin pesawat bagian tengah dan tepat diatas jendela pesawat akan terlihat tanda segitiga hitam, merupakan penanda bahwa segi tiga tersebut penanda lokasi sayap pesawat. Jika pramugari harus memeriksa posisi sayap pesawat, mereka akan tahu secara persis tempat terbaik untuk memeriksanya.

 

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda