HUMANIORAKesehatan

Sambut Puasa, Inilah 5 Tips Tetap Sehat

 

Sambut puasa banyak yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia. selain mempersiapkan bathin dengan bermaaaf-maafan, maka sobat juga harus mengetahui apa yang harus dipersiapkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan selama puasa.

Perubahan pola makan dan pola tidur selama berpuasa tentu bakal mempengaruhi kinerja tubuh. Nah agar cepat beradaptasi sobat bisa memperhatikan 5 persiapan yang bisa diimplementasikan selama puasa seperti dilansir dari Cleveland Clinic Abu Dhabi.

  1. Rencanakan menu sahur dan buka puasa

Perencanaan tentu sangat dibutuhkan untuk mengatur asupan yang akan masuk ke tubuh kita sob. Kenaikan berat badan selama berpuasa juga bukan hal yang asing lho. Hal ini bisa disebabkan Karena makan pada larut malam, makan berlebih dari mulai buka puasa hingga malam dengan karbon tinggi.

Nah dengan merencanakan menu yang sehat dan lezat pada saat berbuka puasa maupun sahur akan mengontrol asupan yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Kontrol ke dokter

Jika sobat memiliki penyakit yang agak berat, alangkah bijaknya sebelum puasa sobat bisa konsultasi dengan dokter yang biasa menangani sobat. Pertimbangan dokter tentu akan menjadi masukan dan larangan apa yang harus sobat lakukan selama puasa.

  1. Batasi jumlah asupan

Apakah sobat termasuk dalam golongan yang suka menyantap apa saja saat berbuka puasa? Nah kalo sobat masuk kategori ini, mulai besok yuk kita batasi asupan makanan yang masuk selama bulan puasa. Jika biasanya banyak makanan dan minuman manis yang sangat menggoda.

Tentunya akan bijaksana jika tubuh juga tidak terlalu mendapat asupan cemilan dan minuman yang hanya nikmat di mulut tapi tidak baik untuk perut. Konsumsi saat sahur dan buka jangan terlalu banyak agar sobat juga bisa mengikuti rangkaian ibadah di bulan puasa lho.

  1. Kurangi rokok dan kafein

Bagi sobat yang masih ngerokok dan ngopi, tentunya pada saat buka puasa atau dimalam sehari malah akan lebih banyak membakar rokok dan kopi, seakan balas dendam ketika tidak bisa melakukan aktivitas tersebut di siang hari.

Nah untuk itu sobat sebaiknya mengurangi kafein ketika sahur dan berbuka, hal ini tentu akan membantu tubuh unutk menjaga kecukupan air di dalam tubuh selama berpuasa.

  1. Rencanakan olahraga

Buat sobat muda jangan lupa untuk tetap beraktivitas olahraga di bulan puasa. Meski kadarnya tidak sebanyak waktu normal, namun harus ada penyesuaian waktu dan intensitas kegiatan agar tidak mengganggu puasa.

Untuk mengganti jogging mungkin sobat bisa mengambil kegiatan jalan santai mengelilingi komplek pada saat sore, atau satu jam sebelum waktu berbuka, hal ini tentunya tidak terlalu memeras keringat yang menyebabkan dehidrasi.

Nah kalo sobat semua sudah tahu, kan enak nih besok kita menjalaninya dengan senyum dan tubuh tetap terjaga bugar dan sehat.

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda