HUMANIORAKuliner

Kopyor Roti, Takjil Khas Banyuwangi Saat Ramadhan

Kopyor roti mungkin makanan ini baru sobat dengar. Tapi kalo kelapa kopyor pasti kamu sudah paham dong. Kopyor roti merupakan sejenis kue yang berasal dari Banyuwangi yang ada hanya pada bulan Ramadhan saja.

Panganan lokal yang hanya ada di bulan puasanya ini terbuat dari roti tawar yang dikombinasikan dengan bihun dan disiram santan kelapa dan dibungkus dengan daun pisang. Rasa manisnya menjadi pilihan takjil untuk berbuka puasa di Banyuwangi.

Jika sobat ingin mencicipinya, saat ini merupakan waktu yang tepat. kue ini banyak dijajakan oleh pedagang makanan karena menjadi salah satu jajanan takjil yang digemari oleh masyarakat Banyuwangi. Biasanya di jual pada waktu menjelang berbuka puasa lho.

Bagi pembuat kopyor roti ini tentu memberikan rejeki tersendiri, salah satunya dalah Inayatun yang berada dikawasan Singomayan. Dimana setiap harinya ia bisa menghabiskan santan dari 15 kelapa dan membuat 250 bungkus kopyor roti.

Untuk cara pembuatannya, ia menjelaskan daun pisang, roti tawar, bihun, nangka, dan santan yang dipanaskan. Kemudian bungkusan tersebut dikukus selama 15 menit. Sehingga menghasilkan kue yang cukup manis dan memiliki aroma yang menggoda selera.

Kopyor roti memang menjadi makanan favorit jajanan tradisional yang diburu warga. Selain dijual harga murah atau Rp.2 ribu perbungkus, rasa manis dan gurih santannya sangat terasa. Bahkan kopyor buatannmya telah dikelilingi oleh 10 pedagang yang mengambil darinya.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, kue Kopyor Roti ini bisa didapatkan di pedagang takjil yang banyak ditemukan di kota. Terutama di Festival Ramadan di kawasan Gesibu, yang merupakan pusat jajanan takjil selama bulan Ramadan ini. Selain Kopyor Roti, di Festival Ramadan ini juga banyak ditemukan jajanan dan makanan khas Banyuwangi yang lain.

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda