HUMANIORAKesehatan

Perut Kosong, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Perut kosong atau nggak sempat sarapan menjadi kebiasaan manusia hidup di kota besar. Aktivitas yang padat membuat sobat kerap ketinggalan sarapan, atau terlewat makan siang sehingga baru makan pada sore hari, hal itu tentu sangat buruk bagi sistem pencernaan manusia.

Kebiasaan perut kosong, tentunya akan berimbas pada organ lambung kita. Dan jika kebiasaan ini berjalan lama, maka penyakit maag atau asam lambung. Hindari perut kosong tetapi jika terpaksa sobat harus mengetahui makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

Dilansir dari Life Hack, ada 5 makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari saat perut kosong, diantaranya:

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk turunan dari susu dengan metode fermentasi bakteri asam lakta. Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt sebenarnya sangat baik untuk kesehatan untuk menjaga asam lambung dan mampu mengurangi pertumbuhan bakteri pathogen di usus.

Tetapi yoghurt akan menjadi tidak baik jika dikonsumsi pada saat perut kosong. Hal ini disebabkan tingkat asam lambung yang tinggi ditambah dengan yoghurt akan mengganggu organ pencernaan.

  1. Pisang

Pisang merupakan makanan yang banyak dikonsumsi mereka yang sedang berdiet. Selain memiliki banyak kandungan gizi, buah pisang juga memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit, sehingga banyak ahli menyarankan untuk banyak mengkonsumsi pisang.

Meski demikian, perut kosong tentu menjadi kebiasaan yang tidak baik karena menjadikan asam lambung tinggi. Pisang yang mengandung magnesium dan potassium dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar magnesium dan kalium dalam darah ketika dikonsumsi pada saat perut kosong.

  1. Kopi

Begitu juga dengan kopi. Meski banyak memberikan manfaat yang banyak buat kesehatan, tetapi jika diminum pada saat perut kosong berefek meningkatkan kadar keasaman di dalam lambung sehingga memicu sakit maag.

Minum kopi sebaiknya diatas jam 9.30 pagi, karena minuman yang paling baik saat bangun tidur adalah air putih sebanyaknya. Hal tersebut dikarenakan sepanjang sobat tertidur delapan jam, tidak ada cairan yang masuk, sehingga air putih sangat disarankan ketika bangun tidur.

beberapa ilmuwan menemukan bahwa tubuh menghasilkan jumlah hormon stres kortisol yang lebih tinggi, yang membantu tetap berenergi antara pukul delapan hingga sembilan pagi. Nah ketika sobat minum kopi pada jam tersebut, maka kafein akan mengurangi produksi kortisol.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong
  1. Tomat

Tomat juga makanan yang banyak mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Namun dalam buah tomat juga mengandung asam tannic yang mampu meningkatkan kadar keasaman di lambung. Nah jika dimakan pada saat perut kosong, tentunya akan menyebabkan luka pada lambung. Sebaiknya konsumsi tomat ketika sudah ada asupan karbohidrat.

  1. Gula olahan

Konsumsi gula merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan manusia, walaupun mengkonsumsi secara berlebihan sangat buruk bagi tubuh. Produk gula olahan akan memberikan efek negatif bagi tubuh jika dikonsumsi setiap hari.

Sirup, soda, atau pemanis buatan merupakan gula olahan yang harus dihindari ketika perut kosong. Sebaiknya isu perut dulu dengan sarapan terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi gula olahan.

Tags

Anaphalis

Akyu hanyalah debu di makro cosmis ini
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda