HUMANIORAKesehatan

Hati-hati, 2 Perasa Vape Ini Berbahaya Bagi Jantung

Bagi generasi milineal rokok konvensional sudah tidak lagi ngetrend. Belakangan ini vapers atau perokok elektrik lebih banyak dilakukan oleh anak muda. Meski demikian, tetap kedua kegiatan ini memiliki dampak kesehatan yang buruk bagi tubuh.

Jika menurut vapers para pengisap vape ini tidak terlalu beresiko terhadap kesehatan. Tetapi beberapa penelitian menginformasikan resiko kesehatan antara vape dan rokok konvensional tetap sama. Bahkan perasa pada vape yang membuat nikmat penghisapnya mampu mengancam kesehatan jantung.

Jika rokok biasa meningkatkan resiko penderita kanker paru-paru, maka penelitian yang dilakukan Standford Uniiversity Cardiovascular Institute mengamati bagaimana zat kimia dalam uap vape mampu membahayakan kesehatan jantung.

Dalam penelitiannya, mereka mencoba menumbuhkan sel-sel yang umumnya melapisi pembuluh darah manusia sehat. Kemudian sel-sel tersebut di eksplorasi dengan enam jenis perasa vape untuk menguji bahwa perasa tersebut dapat membahayakan kesehatan jantung.

Tak hanya itu, mereka juga mengamati apa yang akan terjadi saat sel tersebut dicampur dengan darah yang diambil dari para vapers. Selain itu juga melacak bahan kimia vape mencapai sistem peredaran darah. Mereka pun membandingkan paparan sel terhadap darah dari vapers maupun yang bukan.

Hasil penelitian tersebut telah dilaporkan dalam sebuah Journal Of American College Of Cardiology yang menyatakan vape dengan berbagai perasa, bahkan yang didalamnya tanpa nikotin mampu memicu disfungsi pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Sedangkan dua perasa yang disebut sangat berbahaya bagi jantung adalah rasa kayu manis dan mentol. Meski secara keseluruhan seluruh perasa menunjukan tanda-tanda kerusakan dan peradangan, tidak mampu membentuk pembuluh darah baru, dan tidak optimal dalam penyembuhan luka.

Nah, buat sobat  yang masih suka dengan vape, mulai sekarang pikir ulang deh, semua ini demi kesehatan di masa depan lho.

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda