HUMANIORATravel

Ingin Coba Night Dive, Lakukan Tips Ini!

Night Dive atau penyelaman malam hari saat ini terus diminati banyak orang. Beberapa orang yang suka berpacu dengan adrenalin tentu akan mencoba kegiatan yang penuh tantangan tersebut. Nah bagi sobat yang mau mencoba sebaiknya ikuti beberapa tips dibawah ini.

Bagi banyak orang menyelam di siang hari tentu akan menjadi hal yang biasa. Tapi bagi sobat yang ingin merasakan tantangan night dive tentu harus mengikuti aturan main yang ketat. Kerena itu sebaiknya kamu harus mencatat beberapa hal yang harus dihindari.

Dinukil dari buku Advance Open Water Diver Manual, menuliskan beberapa tips yang harus dipertimbangkan, diantaranya :

  1. Gelombang

Gelombang atau ombak laut tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para penyelam sebelum melakukan kegiatannnya. Jika ingin melakukan night dive maka sobat harus memilih spot dengan gelombang yang tenang.

Hal ini tentunya untuk mengurangi resiko kecelakaan. Biasanya gelombang yang sedang juga bisa berubah menjadi gelombang tinggi. Hal ini tentunya sulit diprediksi karena keadaan yang gelap dan memungkin sobat terbawa ombak.

  1. Arus

Selain gelombang yang tenang, sobat yang ingin merasakan sensasi night dive tentunya harus memperhatikan arus. Karena itu pilihlah spot dengan arus dan gelombang yang tenang, sehingga kamu akan aman menjelajahi keindahan bawah air.

Pelajari arus di spot sebelum night dive merupakan keharusan jika tidak ingin terhanyut. Alangkah bijaksananya jika sobat lebih dahulu mempelajari drift diving atau menyelam di wilayah berarus untuk menambah jam terbang.

  1. Kejernihan air

Nah, faktor yang satu ini tentu sangat penting ketika akan melakukan kegiatan night dive. Kejernihan air tentu menjadi hal yang penting. Karena sobat hanya dibantu senter sebagai penerangan, sehingga pastikan spot penyelaman memiliki visibility yang bagus.

Karena visibility yang buruk bisa mengacaukan navigasi. Bahkan membuat kamu tidak bisa menikmati keindahan bawah laut dengan maksimal.

  1. Berhati-hati

Sikap berhati-hati bagi sobat yang ingin melakukan night dive tentunya menjadi hal yang penting. Daya penglihatan yang terbatas dan bergantung pada lampu senter tentu harus menanamkan sikap super hati-hati.

Tetaplah tenanng di dalam air. Karena resiko untuk tersangkut jaring ikan atau tali akan lebih besar. Jadi cobalah untuk tetap awas dengan keadaan sekitar ya..

  1. Spot terselubung

Nah sebelum sobat melakukan night dive sebaiknya kamu mulai mencari spot yang aman bersama orang yang mengetahui seluk beluk wilayah tersebut. Spot yang aman merupakan tempat penyelaman yang memililki akses langsung menuju permukaan laut.

Sebaiknya, hindarilah spot penyelaman di dalam gua atau wreck. Karena spot-spot tidak akan terlihat pada malam hariu sehingga bisa menimbulkan penyelam tersesat di dalam goa. Bagi sobat yang ingin mencoba alangkahnya baiknya jika kamu sudah memiliki sertifikat night dive.

Mau coba?

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda