HUMANIORAKesehatan

FOMO Penyakit  Sosmed, 5 Langkah Ini Untuk Menangkalnya!

FOMO  merupakan istilah yang mungkin baru sobat ketahui. FOMO merupakan istilah buat penyakit kecanduan sosial media. Pengguna sosmed yang semakin banyak membuat seseorang bisa resiko terjangkit fenomena Fear Of Missing Out.

FOMO merupakan rasa cemas yang timbul keti9ka kamu merasa bahwa orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik. Nah sobat pasti pernah ngalaminnya dong. Kecemasan ini diperburuk dengan kegemaran memposting kebahagian yang sebenarnya belum tentu benar.

Emosi negative itulah yang menimbulkan stress, frustasi, bahkan depresi. Nah kalo sobat dah ngalamin hal begitu, mulai deh lakukan beberapa tips dibawah ini :

  1. Ubah sudut pandang

Penangkal pertama adalah mengubah sudut pandang yang sobat miliki saat ini. Medsos menampilkan berbagai hal yang mungkin tidak kamu miliki atau dapatkan sehingga menimbulkan sifat iri. Nah mengatasi hal tersebut yang sangat penting.

Sebaiknya fokus dengan apa yang kamu milikidan pencapaian yang telah kamu peroleh. Atur lini masa agar tidak memunculkan orang yang suka memamerkan kehidupannya, nah sebaiknya sembunyikan postingan yang memicu FOMO.

  1. Jangan mengejar banyak hal sekaligus

Cara kedua adalah dengan fokus pada satu tujuan dalam satu waktu. Memaksakan diri mencapai banyak hal dalam satu waktu malah dapat mengacaukan fokus dan menurunkan tingkat keberhasilan.

Kalo sobat tengah mengejar penghargaan dalam bidang akademis, maka fokus pada tujuan tersebut. Jangan membagi dengan yang lain yang mampu menyita waktu dan pikiran, kecuali memang sudut pandang kamu sudah stabil.

  1. Kurangi penggunaan media sosial

Langkah paling mujarab tentu mengatasi masalah tersebut secara langsung. Jika sobat nggak bisa meninggalkan sosmed secara langsung, maka kamu bisa kok menguranginya. Tanpa disadari, Anda mungkin telah terbiasa untuk langsung membuka media sosial begitu bangun tidur. Coba awali dengan membatasi kegiatan ini dan hanya melakukannya pada waktu tertentu.

Disiplin bersosmed akan membuat sobat terhindar FOMO, kamu bisa kok mengaturnya membuka sosmed pada saat waktu istirahat saja, waktu menunggu, atau pada kendaraan umum untuk mengisi waktu.

  1. Lebih banyak berinteraksi dalam dunia nyata

Perbanyak interaksi dengan dunia nyata sepertinya makin sulit di jaman sekarang ini. Meski sobat banyak berkomunikasi dengan banyak orang di dunia maya, tetapi berbicara tatap muka memiliki kualitas yang lebih baik.

Penggunaan media sosial secara berlebihan dapat menimbulkan rasa kesepian, tapi bertemu secara langsung dapat mempererat hubungan sosial. Inilah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kesepian yang muncul sebagai dampak dari FOMO.

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda