HUMANIORAKesehatan

Cegah Maag Saat Puasa, Ikuti 5 Cara Dibawah Ini

Telat makan merupakan penyakit yang dapat menyebabkan maag, tapi benarkan maag dapat mengganggu ibadah puasa kamu sob. Nah kalo sobat punya penyakit maag dan ingin puasa nggak perlu khawatir, berikut 5 cara mencegah maag saat berpuasa.

Penyakit maag merupakan penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan yang ada dilambung. Meski untuk menghindarinya mudah, tetapi akan sulit jika sobat nggak disiplin. Agar tidak semakin parah, maka maag harus diperhatikan perawatan dan penyebab penyakit tersebut kambuh.

Meski pada dasarnya puasa merupakan salah satu cara menyembuhkan maag, tetapi jika sobat tidak menghindari pemicu maag maka akan berakibat maag tersebut tetap kambuh. Nah untuk mencegahnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah maag kambuh, diantaranya:

  1. Tidak Melewati Waktu Sahur

Membentuk pola makan yang teratur, artinya dalam ibadah puasa makan diatur pada saat magrib dan waktu sahur. Nah sebaiknya sobat jangan pernah tinggalkan waktu sahur. Karena ketika kamu mulai berpuasa di bulan Ramadhan maka lambung menyesuaikan jam makan. Sehingga jika kamu melewatinya maka kemungkinan maag kambuh bisa terjadi lho.

  1. Konsumsi Makanan yang Kaya Serat

Sebaiknya perbanyak makanan yang kaya dengan serat, sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Walau waktu sahur singkat, tetapi sobat jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

  1. Hindari Makanan Pemicu Maag

Nah, salah satu kesalahan menu buka pada beberapa dekade belakangan ini tergolong tidak sehat. Jika jaman dulu waktu berbuka menggunakan takjil yang bersifat manis seperti kolak. Maka belakangan ini banyak orang berbuka hanya dengan lontong dan gorengan.

Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan, kue tar, dan keju. Selain itu hindari makanan yang  memiliki tingkat kepedasan yang tinggi, karena hal itu dapat merusak dinding lambung.

Begitu juga dengan makanan olahan seperti mie instan dan pasta yang dapat mengiritasi selaput lambung, dan membuat perut terasa perih.

  1. Hindari Stres

Ini juga hal yang sangat perlu diperhatikan. Stress berpengaruh untuk meningkatkan asam lambung. Maka lebih baik menghindari kegiatan-kegiatan yang membuat diri kamu tertekan dan mengalami depresi. Sebaiknya perbanyak istirahat agar kamu terhindar dari stress.

  1. Jangan Minum Sembarangan

Selain makanan bagi penderita maag tentunya harus menghindari minuman yang dapat memicu penyakit tersebut. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi kopi, the, dan minuman bersoda, hal itu karena mengandung zat yang dapat meningkatkan kadar asam lambung. Maka alangkah baiknya sobat memperbanyak mengkonsumsi air putih agar cairan di dalam tubuh dapat tercukupi.

Nah, kalo sobat sudah tahu penyebab makanan dan minuman yang menyebabkan maag, sebaiknya hindari deh agar kamu bisa puasa tanpa terganggu penyakit maag.

Tags

Wahyu

penikmat aroma kopi yang sudah tidak ngopi
Close

AdBlock Terdeteksi

Dukung kami untuk terus menulis dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda